Anggaran Dasar

Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia”

 

BAB I

NAMA, WAKTU DAN KEDUDUKAN

Pasal 1

    1. Organisasi ini bernama Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia, yang berarti klub mobil berdasarkan merk/type Xpander di Indonesia, dan disingkat dengan “X-MOC”.
    2. “X-MOC”dideklarasikan dan dibentuk di kota Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, pada tanggal 10 September 2017, untuk waktu yang tidak ditentukan lamanya.
    3. Pengurus pusat “X-MOC” berkedudukan di Ibukota Negara Republik Indonesia dan dapat mendirikan perwakilan-perwakilan/cabang-cabang di seluruh Indonesia.

 

BAB II

Asas, Tujuan, Fungsi dan Kegiatan Organisasi

Pasal 2

Asas

X-MOC mempunyai 3 (tiga) asas, yaitu :

    1. Asas Kekeluargaan dan Persaudaraan: X-MOC dibentuk untuk menjalin kekeluargaan antara sesama anggotanya pada khususnya, dan antar sesama pemakai kendaraan pada umumnya;
    2. Asas Netralitas: X-MOC tidak memperbolehkan, baik para pengurus maupun para anggotanya untuk berpihak dan/atau melibatkan diri, baik secara organisasi maupun perorangan, terlibat di dalam suatu permasalahan atau pertentangan-pertentangan yang bersifat politik, rasial, keagamaan maupun hal prinsipiil lainnya dalam organisasi X-MOC;
    3. Asas Sukarela: X-MOC adalah suatu perkumpulan penyuka otomotif yang bersifat terbuka, independen dan sukarela, yang mana baik kepengurusan maupun keanggotaannya bersifat sukarela dan bebas dari kepentingan pribadi dan/atau golongan, namun berkomitmen dalam memajukan organisasi.

 

Pasal 3

Tujuan

X-MOC adalah sebuah organisasi non profit yang memiliki tujuan sebagai berikut:

    1. Menghimpun dan mengkoordinir para pemilik, pemakai, dan pencinta kendaraan roda empat merk/type Xpander dari berbagai varian dan warna, dalam suatu wadah atau perkumpulan;
    2. Berbagi informasi dan pengetahuan dalam merawat, memodifikasi, memperbaiki dan mengendarai mobil;
    3. Saling menghormati sesama anggota X-MOC dan membantu apabila ada anggota yang sedang mengalami gangguan teknis maupun non teknis;
    4. Ikut serta dalam menciptakan suasana disiplin dan tertib berlalu lintas;
    5. Turut serta dalam berbagai aktivitas otomotif nasional yang dapat ikuti baik berupa pertunjukan (kontes/pameran), wisata maupun olah raga (sport);
    6. Turut serta dalam kepedulian sosial dan kemanusiaan;
    7. Menjalin hubungan baik dengan institusi pemerintahan terkait, Ikatan Mobil Indonesia (IMI), organisasi-organisasi dan/atau, perkumpulan-perkumpulan otomotif lainnya, serta tempat-tempat perbaikan, suku cadang dan asessoris mobil.

 

Pasal 4

Fungsi

  1. X-MOC merupakan organisasi yang bersifat independen dan mandiri yang berfungsi sebagai wadah komunikasi, koordinasi dan konsultasi untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang otomotif dan saling pengertian diantara sesama anggotanya;
  2. Menjadi media aktualisasi diri dalam bidang hobby otomotif, sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan.
  3. Berperan dalam memberikan saran dan pendapat dalam setiap kebijakan dan regulasi pemerintah terkait bidang pariwisata dan otomotif.
  4. Menjalin kerjasama dengan pihak lain yang terkait dalam media, industri dan atau perlengkapan otomotif.

 

Pasal 5

Kegiatan

    1. Kegiatan X-MOC antara lain mengupayakan peningkatan apresiasi dan kemampuan para anggota dalam menghadapi kemajuan teknologi otomotif serta karakteristik mobil;
    2. Memberikan sumbangan pikiran, tenaga dan waktu, baik untuk kegiatan pariwisata, otomotif, kegiatan sosial maupun kegiatan lainnya.
    3. Pertemuan rutin secara periodik yang diadakan untuk menumbuhkan dan membina minat dalam bidang otomotif serta membina komunikasi di antara para pengurus dan anggota X-MOC.
    4. Organisasi tidak melakukan kegiatan usaha.
    5. Anggota organisasi diijinkan untuk membentuk koperasi sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku dengan tidak mengatasnamakan nama organisasi.

 

BAB IV

KEANGGOTAAN

Pasal 6

  1. Status keanggotaan bersifat stelsel aktif.
  2. nggota Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia terdiri dari:
  1. Dewan Penasehat.
  2. Pengurus Pusat.
  3. Anggota Biasa.
  1. Hal-hal lain tentang keanggotaan diatur lebih lanjut didalam Anggaran Rumah Tangga.

 

BAB V

KEDAULATAN & MUSYAWARAH

Pasal 7

    1. Kedaulatan berada ditangan anggota dan dilaksanakan oleh Pengurus X-MOC, baik tingkat Pusat maupun Wilayah.
    2. Musyawarah Nasional yang merupakan perangkat organisasi tertinggi X-MOC untuk menetapkan kebijaksanaan dan penyelenggaraan X-MOC;
    3. Musyawarah Nasional diadakan paling sedikit 1(satu) tahun sekali oleh Pengurus Pusat X-MOC.
    4. Musyawarah Nasional berwenang untuk:
  1. Menilai, menerima atau menolak kinerja Pengurus Pusat selama masa kepengurusannya;
  2. Menetapkan garis besar program kerja X-MOC untuk masa 2(dua) tahun yang akan datang, untuk kemudian dijabarkan dalam Rapat Kerja Nasional;
  3. Mengubah dan menetapkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga X-MOC;
  4. Memilih dan menetapkan Ketua Umum (KETUM) X-MOC;
  5. Menetapkan hal-hal lain yang dipandang perlu oleh Musyawarah Nasional.
    1. Keputusan Musyawarah Nasional bersifat mengikat dan wajib dipatuhi oleh segenap Pengurus Pusat dan Anggota.
    2. Pada awal pembentukan Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia, Ketua Umum dan pengurus lainnya adalah pendiri Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia yang bersedia dipilih dan untuk selanjutnya para pengurus Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia terdiri dari anggota Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia yang dipilih melalui mekanisme tata tertib yang disetujui oleh Musyawarah Nasional.
    3. Mengenai susunan dan wewenang Pengurus Pusat Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia dijabarkan lebih lanjut di dalam Anggaran Rumah Tangga X-MOC.

 

Pasal 8

Sumber Keuangan

Sumber-sumber keuangan Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia diperoleh dari :

    1. Iuran Anggota;
    2. Sumbangan-sumbangan dari pihak ketiga yang bersifat tidak mengikat, termasuk sponsorship dan kerjasama kemitraan;
    3. Pendapatan-pendapatan lain yang sah dan halal menurut hukum Negara Republik Indonesia
    4. Tidak diperkenankan melakukan pungutan yang bersifat rutin semisal iuran bulanan kepada anggota.

 

Pasal 9

Anggaran Keuangan

Anggaran Keuangan Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia direncanakan dan diperhitungkan setiap tahun, sedangkan pengaturannya ditetapkan dalam Anggaran Rumah Tangga Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia.

 

Pasal 10

Laporan Keuangan

    1. Tahun Buku Laporan Keuangan Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia dimulai dari 1 Januari setiap tahunnya sampai dengan 31 Desember tahun yag sama (satu periode kepengurusan) dan pembukuannya dibuat setiap bulan.
    2. Laporan Keuangan Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia dapat diaudit setiap tahun oleh akuntan publik bila dianggap perlu oleh Musyawarah Nasional dengan memperhatikan ketersediaan dana kas.

 

  • Laporan Keuangan Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia bersifat terbuka untuk diketahui oleh anggota pada saat Musyawarah Nasional.

 

Pasal 11

Pembubaran

    1. Pembubaran Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia dapat dilakukan melalui Musyawarah Nasional yang khusus diadakan untuk itu dan diusulkan serta dihadiri sekurang-kurangnya 3/4 (tiga per empat) dari jumlah anggota.
    2. Hal-hal lain yang menyangkut akibat dari pembubaran Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia diatur dalam Anggaran Rumah Tangga Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia.

 

Pasal 12

Penutup

  1. Ketentuan pelaksanaan dan hal-hal yang belum diatur dalam Anggaran Dasar Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia ini akan diatur dalam Anggaran Rumah Tangga Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia.

 

  • Perubahan Anggaran Dasar Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia dapat dilakukan melalui Musyawarah Nasional yang khusus diadakan untuk itu dan diusulkan serta dihadiri sekurang-kurangnya 1/2 (satu per dua) dari jumlah koordnator wilayah yang ada.

 

 

 

Anggaran Rumah Tangga

Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia

 

Pasal 1

Anggota Biasa

  1. Anggota Biasa adalah orang perorangan,penduduk warga negara Indonesia atau asing yang sudah mendaftar dan memenuhi syarat-syarat dan tata cara keanggotaan
  2. Syarat-syarat dan tata cara menjadi Anggota Biasa diatur lebih lanjut dalam Anggaran Rumah Tangga dan atau Keputusan Pengurus Pusat Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia.

 

Pasal 2

Anggota Kehormatan

    1. Anggota Kehormatan adalah orang perorangan yang karena pengetahuan dan pengalamannya di bidang otomotif, atau karena keahlian tertentu yang dimilikinya, atau karena jasanya terhadap pengembangan dalam dunia otomotif dan atau Xpander Mitsubishi Ower Club Indonesia, dipandang perlu untuk diangkat menjadi Anggota Kehormatan;
    2. Syarat-syarat dan tata cara untuk menjadi Anggota Kehormatan diatur dalam Anggaran Rumah Tangga dan atau Keputusan Pengurus Pusat Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia.

 

Pasal 3

Tata Cara Keanggotaan

    1. Untuk menjadi Anggota Biasa sebagaimana dimaksud dalam Anggaran Dasar, calon anggota harus mengisi formulir yang sudah ditentukan dan membayar iuran wajib, serta mematuhi ketentuan dan kebijakan Pengurus Pusat yang berlaku.
    2. Anggota Kehormatan ditetapkan oleh Ketua Umum Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia berdasarkan usulan, referensi, masukan dan pertimbangan-pertimbangan dari para Pengurus Pusat dan Ketua Chapter Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia;
    3. Setiap Keanggotaan dan pencabutan keanggotaan Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia diputuskan dan disahkan oleh Ketua Umum Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia, setelah mempertimbangkan saran dan pendapat dari berbagai pihak terkait.

 

Pasal 4

Hak dan Kewajiban Anggota

    1. Anggota Biasa memiliki hak penuh, berupa Hak Bicara, Hak Suara dan Hak untuk mencalonkan diri dan dicalonkan dalam sebagai Pengurus Pusat Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia;
    2. Anggota Biasa memiliki hak mengikuti seluruh kegiatan Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia dan mempunyai kedudukan yang sama dalam Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia sesuai dengan jenis keanggotaannya serta memperoleh semua fasilitas yang disediakan oleh Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia dan ketentuan lainnya yang ditetapkan oleh Pengurus Pusat;
    3. Anggota Kehormatan memiliki hak berupa Hak Bicara dan Hak untuk Ikut serta dalam setiap kegiatan organisasi Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia;
    4. Anggota Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia berkewajiban :
  1. Wajib mematuhi peraturan perundang undangan serta  hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia
  2. Anggota Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia tidak diperkenankan menjadi anggota club/komunitas mobil sejenis (Mitsubishi Xpander).
  3. Menjunjung tinggi nama baik dan martabat Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia;
  4. Membayar iuran wajib dan mengisi formulir yang telah ditentukan, kecuali Anggota Kehormatan;
  5. Mentaati semua ketentuan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga serta Kode Etik Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia
  6. Melaksanakan keputusan-keputusan yang telah diambil, baik dalam rapat/pertemuan biasa maupun dalam Musyawarah Anggota;
  7. Menghadiri pertemuan rutin, kecuali Anggota Kehormatan;
  8. Khusus bagi Anggota Kehormatan, diwajibkan untuk memberikan sumbangsih nya kepada Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia dalam hal peningkatan dan pengembangan organisasi.

 

Pasal 5

Berakhirnya Keanggotaan

Keanggotaan Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia dapat berakhir karena:

    1. Mengundurkan diri;
    2. Berbuat sesuatu yang mencemarkan nama baik, merugikan organisasi, melakukan tindakan semata-mata hanya untuk memenuhi kepentingan/keuntungan diri sendiri,  serta melanggar ketentuan-ketentuan yang tercakup di dalam AD/ART dan Peraturan yang telah ditetapkan oleh Pengurus Pusat dalam suatu keputusan;
    3. Berhalangan tetap (meninggal dunia, dinyatakan hilang, berada dibawah pengampuan);
    4. Terbukti terlibat dalam penggunaan narkotika, minuman keras dan obat-obatan terlarang serta tindak kriminal lainnya.

 

Pasal 6

Musyawarah

    1. Musyawarah diselenggarakan paling sedikit 1 (satu) kali dalam 2 (dua) tahun;
    2. Musyawarah terdiri dari:
  1. Musyawarah Nasional;
  2. Musyawarah Chapter;
  3. Musyawarah Luar Biasa
    1. Setiap Musyawarah pada tingkatannya diatas terdiri dari :
      1. Perwakilan Pengurus Pusat;
      2. Pengurus Chapter, yang terdiri dari Ketua, Sekretaris dan Bendahara;
      3. Anggota Kehormatan dengan hak berupa Hak Bicara;
    1. Undangan menghadiri Musyawarah diumumkan paling lambat 2 (dua) minggu sebelum tanggal diselenggarakannya Musyawarah Anggota;
    2. Musyawarah dipimpin oleh Ketua Umum atau pengganti lainnya yang ditunjuk;
    3. Musyawarah dianggap sah untuk dilaksanakan apabila kehadiran mencapai 50 (lima puluh) persen plus 1 (satu) dari daftar hadir/absensi. Apabila jumlah tersebut tidak tercapai maka Musyawarah tidak dapat dilaksanakan.
    4. Keputusan Musyawarah ditetapkan secara musyawarah untuk mufakat. Bila melalui cara musyawarah untuk mufakat belum tercapai kesepakatan, maka dilakukan pemungutan suara (voting) untuk memperoleh suara terbanyak.

 

Pasal 7

Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub)

  1. Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) hanya dapat dilaksanakan jika terjadi keadaan mendesak dan berbahaya bagi kelangsungan organisasi X-MOC.
  2. a. Penyelenggara Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) diselenggarakan oleh Pengurus Pusat dengan menunjuk Panitia Pelaksana dan dilaksanakan dengan persetujuan Dewan Penasihat, dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan yang berlaku didalam pelaksanaan Musyawarah (Munas/Munaslub) X-MOC;
  3. Apabila seluruh Pengurus Nasional berhalangan tetap dan tidak ada yang dapat menyelenggarakan Munaslub, maka Dewan Penasihat dapat menyelenggarakan Munaslub dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan yang berlaku didalam pelaksanaan Musyawarah (Munas/Munaslub) X-MOC.

Pasal 8

Kriteria Pengurus Pusat

 

(1) Pengurus Pusat Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia sebagaimana yang dimaksud dalam Anggaran Dasar Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia disusun berdasarkan suatu kriteria dan pertimbangan-pertimbangan yang melatar belakangi pembentukan organisasi Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia.

 

(2) Kriteria pengurus Pusat Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia ditentukan sebagai berikut :

  1. Anggota Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia;
  2. Khusus untuk Ketua Umum dan Sekretaris Jendral Xpander Mitsubishi Club Indonesia harus berstatus Warga Negara Republik Indonesia, memiliki jiwa dan sifat kepemimpinan;
  3. Pemilik atau pemakai kendaraan type Xpander;
  4. Memahami dan memiliki motivasi yang kuat untuk mengembangkan Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia.

 

Pasal 9

Susunan Badan Pengurus

Susunan Badan Pengurus Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia yang pokok terdiri dari :

  1. Pengurus Pusat :
      1. Ketua Umum;
      2. Sekretaris Jendral (General Secretary);
      3. Bendahara Umum (Financial Controller):
  1. Pengurus Koordinator Chapter :
    1. Ketua
    2. Sekretaris
    3. Bendahara
    4. Koordinator-koordinator Bidang/Divisi yang dianggap perlu oleh Pengurus Chapter.

 

  1. Penanggung Jawab bidang-bidang dan kegiatan-kegiatan yang bersifat ad-hoc (Panitia) menurut keperluan, yang direkrut dari para anggota dan dibentuk berdasarkan keputusan dan bertanggung jawab kepada Pengurus Pusat.
  2. Apabila diperlukan, Pengurus Pusat dapat mengangkat seseorang Penasihat dan apabila bila lebih dari 1 (satu) orang maka diangkat seorang diantaranya untuk menjadi Ketua Dewan Penasihat.

 

Pasal 10

Tugas dan Kewajiban Pengurus Pusat

(1)   Ketua Umum/Ketua Wilayah berkewajiban :

  1. Memimpin dan membina Organisasi secara menyeluruh berdasarkan AD dan ART pada tingkatnya masing-masing;
  2. Menentukan kebijaksanaan dan menyelenggarakan pelaksanaan rencana kerja berdasarkan keputusan Musyawarah Nasional/Chapter;
  3. Memberikan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas-tugasnya kepada Musyawarah;
  4. Mengokordinir dan mengawasi pelaksanaan kegiatan-kegiatan;
  5. Membangun dan memelihara hubungan dan komunikasi dengan pihak-pihak luar khususnya dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI), maupun jaringan penyedia suku cadang dan layanan purna jual terkait lainnya, termasuk pusat/tempat perbaikan/pemeliharaan kendaraan serta dunia usaha lainnya dalam rangka memberikan manfaat kepada anggota;
  6. Mengembangkan peluang-peluang pembentukan perwakilan-perwakilan Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia  di daerah oleh Ketua Umum;
  7. Meningkatkan dan mengarahkan fungsi-fungsi bidang-bidang secara optimal.
    1. Wakil Ketua Umum/Wilayah berkewajiban:
      1. Mewakili Ketua Umum/Chapter apabila berhalangan hadir dalam kegiatan-kegiatan dan hubungan ke dalam dan/atau keluar;
      2. Membantu Ketua Umum/Chapter dalam menentukan kebijakan dan menyelenggarakan pelaksanaan rencana kerja berdasarkan keputusan Musyawarah Nasional/Chapter;
      3. Mengoordinir pelaksanaan tugas penanggungjawab bidang-bidang dan kegiatan-kegiatan sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan oleh Ketua Umum/Chapter;
      4. Membangun dan memelihara hubungan dan komunikasi dengan pihak-pihak luar khususnya yang berkaitan dengan kendaraan Xpander, maupun jaringan penyedia suku cadang dan layanan purna jual terkait lainnya, termasuk bengkel-bengkel dan toko-toko.

(3)  Sekretaris Jendral/Sekretaris Chapter berkewajiban:

      1. Membantu Ketua Umum/Koordinator Chapter dalam hal kesekretariatan, seperti membuat risalah atau notulen rapat;
      2. Mempersiapkan urusan perijinan;
      3. Menyelengarakan urusan keanggotaan;
      4. Menyiapkan laporan-laporan administrasi.
    1. Wakil Sekretaris Jendral/Wakil Sekretaris Chapter berkewajiban :

Membantu Sekretaris Jendral dalam hal urusan keanggotaan, termasuk mengelola database Anggota dan menerbitkan Kartu Anggota.

    1. Bendahara Umum/Chapter berkewajiban :
      1. Membantu Ketua Umum dalam mengelola keuangan Organisasi;
      2. Menyusun anggaran serta mengatur pembiayaan Organisasi;
      3. Menyelenggarakan administrasi keuangan sesuai dengan kebijaksanaan Ketua Umum/Chapter dan ketentuan-ketentuan Organisasi;
      4. Mengurus Iuran Anggota dan sumber-sumber pemasukan lainnya termasuk bidang usaha yang dijalankan oleh X-MOC atau yang bekerjasama dengan pihak ketiga lainnya;
      5. Membuat Laporan Keuangan secara berkala.
    2. Wakil Bendahara Umum/Chapter berkewajiban:

Membantu Bendahara Umum dalam menjalankan tugas dan kewajibannya..

    1. Penanggung jawab bidang/kegiatan berkewajiban Bertanggungjawab dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan tertentu yang akan diselenggarakan oleh Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia berdasarkan arahan Ketua Umum dan dibawah pengawasan Wakil Ketua Umum.

 

Pasal 11

Pengurus Chapter

 

  1. Pengurus Chapter merupakan Pengurus Tingkat Kota/Kabupaten atau gabungan beberapa kota/kabupaten yang bertanggung jawab untuk melakukan pengembangan cabang-cabang (chapter);
  2. Susunan Pengurus Chapter mengikuti Susunan, hak dan tanggung jawab Pengurus Pusat;
  3. Syarat-syarat dan tata cara pembentukan Chapter akan diatur lebih lanjut didalam Peraturan Organisasi dan ditetapkan oleh Ketua Umum;

 

Pasal 12

Pertemuan

  1. Pertemuan-pertemuan, baik yang diselenggarakan secara nasional, lokal maupun terbatas, bertujuan mengatur pelaksanaan dan mengevaluasi tugas-tugas kepengurusan dalam rangka melaksanakan program-program Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia;
  2. Pertemuan dapat dilakukan dalam dua cara :
      1. Fisik : pertemuan antar pengurus dan/atau anggota yang bersedia hadir;
      2. Online : diskusi melalui media komunikasi milik Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia yang ada;
  1. Pertemuan rutin dapat diadakan setiap bulannya, yang waktu penyelenggaraannya akan ditentukan kemudian berdasarkan kesepakatan pengurus dan/atau anggota yang bersedia hadir;
  2. Pertemuan ini juga bertujuan untuk mempererat rasa persaudaraan dan kekeluargaan antar sesama anggota Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia, selain untuk menambah wawasan dan pengetahuan, baik tentang otomotif maupun organisasi;

Pasal 13

Masa Bakti Kepengurusan

 

  • Masa Bakti Pengurus pada semua tingkat adalah 2 (dua) tahun terhitung sejak tanggal ditetapkan.
  • Khusus untuk jabatan Ketua Umum terpilih dapat dipilih kembali untuk 1 (satu) periode (masa bakti) berikutnya dan tidak dapat dipilih kembali berturut-turut untuk yang ketiga kalinya.

 

Pasal 14

Sumber-Sumber Keuangan

          1. Sumber-sumber keuangan berasal terutama dari iuran wajib tahunan anggota Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia ditetapkan oleh Pengurus Pusat dimana biaya ini termasuk dipergunakan untuk:
    1. Pengadaan Seragam;
    2. Pengadaan kartu anggota,
    3. sticker, dan seragam anggota Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia.
          1. Biaya tersebut diatas dapat ditinjau kembali setiap tahun dengan memertimbangkan hal-hal yang berkaitan dengannya;
          2. Pengurus Pusat, berhak mengupayakan sumber-sumber pembiayaan kepada pihak ketiga, yang bersifat tidak mengikat dan tidak mengurangi kemandirian Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia ;
          3. Pengurus Pusat, berhak mengupayakan sumber-sumber pendapatan lainnya, yang dapat dimasukkan ke dalam kerangka kerja Organisasi Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia, termasuk penerbitan merchandise yang dibuat secara ad-hoc sesuai perkembangan kegiatan;

 

          1. Dalam situasi dan kondisi tertentu, Ketua Umum Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia dapat memutuskan kebijaksanaan khusus tentang penyesuaian besaran iuran.

 

Pasal 15

Pemanfaatan Keuangan

  1. Keuangan Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia dimanfaatkan untuk :
  1. Pengeluaran rutin pengurus pusat;
  2. Kegiatan-kegiatan Organisasi;
  3. Pengeluaran-pengeluaran khusus.
  1. Pemanfaatan tersebut diatas disepakati dan disetujui oleh Pengurus Pusat yang ditunjuk.

 

Pasal 16

Sanksi

    1. Anggota Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia yang melalaikan kewajibannya atau melanggar ketentuan yang ada di dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah tangga dapat dikenakan sanksi-sanksi sebagai berikut :
      1. Peringatan Terulis;
      2. Pemberhentian Sementara;
      3. Pemberhentian Tetap.
    1. Tata Cara melaksanakan ketentuan sebagaimana dimaksud didalam ayat tersebut di atas adalah sebagai berikut:
  1. Ketua Umum Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia melalui Sekretaris Jendral Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia dengan memberikan peringatan tertulis kepada anggota bersangkutan;
  2. Apabila anggota tersebut tidak mengindahkan peringatan yang diberikan dalam jangka waktu 1 (satu) bulan, maka akan dilakukan pemberhentian sementara oleh Ketua Umum Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia;
  3. Apabila anggota tersebut belum juga mengindahkan peringatan tersebut, maka akan dilanjutkan dengan pemberhentian tetap dari keanggotaan Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia;
    1. Dalam membuat Keputusan, Ketua Umum perlu mempertimbangkan saran dan masukan dari semua pihak terkait, termasuk Penasihat/Dewan Penasihat.

 

Pasal 17

Laporan Keuangan

      1. Pembukuan dan Laporan Keuangan Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia dibuat oleh Pengurus Pusat Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia , dalam hal ini dipegang langsung oleh Bendahara Umum Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia;

 

  • Laporan keuangan harus dibuat dan dilaporkan secara berkala minimal setiap 6 (ENAM) bulan dan pada setiap akhir masa bakti Pengurus untuk dipertanggung-jawabkan dalam Musyawarah Nasional Anggota.

 

Pasal 18

 

Atribut

(Lambang, Bendera, Seragam dan Asesoris)

 

  1. Lambang/logo X-MOC adalah sebagai berikut:

  1.   Staterkit X-MOC adalah sebagai berikut :

Seragam, stiker dan kartu identitas anggota

 

  1. Ketentuan tentang tata cara pembuatan asesoris yang menggunakan Lambang dan atau nama Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia diatur tersendiri melalui Peraturan Pengurus Pusat.

Pasal 19

Perubahan Anggaran DasarAnggaran Rumah Tangga

    1. Anggaran Rumah Tangga Xpander Mitsubishi Ower Club Indonesia merupakan dasar dalam menyelenggarakan Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia yang disahkan dalam Musyawarah Anggota selaku perangkat organisasi tertinggi dan oleh karena itu harus dihormati, dijunjung tinggi dan tidak boleh dilanggar.

 

  • Untuk kepentingan Organisasi, Anggaran Rumah Tangga Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia dapat diubah, disempurnakan atau disesuaikan melalui Musyawarah Nasional atau Rapat Kerja Nasional;

 

  1. Pengambilan keputusan untuk melakukan perubahan Anggaran Rumah Tangga Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia dianggap sah jika disetujui sekurang-kurangnya oleh 3/4 (tiga per empat) dari hak suara yang hadir dalam Musyawarah Nasional atau Rapat Kerja Nasional;
  2. Perubahan Anggaran Rumah Tangga Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia dapat dilakukan melalui Musyawarah Nasional atau Rapat Kerja Nasional dengan dengan memperhatikan saran dan masukan dari Penasihat, Pengurus Chapter dan Anggota.
  3. Ketentuan pelaksaan dan hal-hal yang belum diatur dalam dalam Anggran Rumah Tangga Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia ini, akan diatur lebih lanjut dalam Peraturan Pengurus Pusat yang ditetapkan oleh Ketua umum dan Sekretaris Jenderal didalam suatu Surat Keputusan, dengan memperhatikan saran dan masukan dari Penasihat, Pengurus Chapter dan Anggota.

 

Pasal 20

Pembubaran

    1. Pembubaran Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia dilakukan sesuai ketentuan pada Anggaran Dasar Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia;
    2. Dalam hal terjadi pembubaransebagaimana dimaksud diatas, Pimpinan Musyawarah Anggota yang khusus diadakan untuk itu, bersama Pengurus periode terakhir, wajib membentuk suatu Panitia Likuidasi;
    3. Panitia Likuidasi sebagaimana dimaksud di atas terdiri dari unsur-unsur :
      1. Perwakilan Pengurus;
      2. Perwakilan Anggota;
      3. Perwakilan lain atau lembaga yang diwajibkan oleh Undang-Undang bila diperlukan.
    4. Musyawarah Anggota yang khusus diadakan untuk itu, memberikan kewenangan penuh kepada Panitia Likuidasi untuk melakukan langkah-langkah yang dianggap perlu dalam merumuskan kebijakan untuk menyelesaikan segala akibat yang timbul dari pembubaran Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia;
    5. Jika terdapat dana atau kekayaan lebih pada saat pembubaran Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia, setelah dikurangi hutang dan kewajiban-kewajiban lainnya, kekayaan tersebut dapat dimanfaatkan sesuai dengan Keputusan Musyawarah Nasional;
    6. Jika terdapat hutang atau kewajiban lainnya yang harus segera diselesaikan pada saat pembubaran Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia, maka hutang dan kewajiban tersebut dibebankan kepada seluruh Pengurus Pusat dan Anggota Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia.

 

Pasal 21

Penutup

    1. Hal-hal yang belum diatur dalam Anggaran Rumah Tangga Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia wajib untuk dikoordinasikan dengan Pengurus Pusat untuk kemudian akan diatur lebih lanjut dalam Peraturan Pengurus Pusat yang ditetapkan dalam suatu Surat Keputusan yang buat dan ditandatangani oleh Ketua Umum dan Sekretaris Jendral;
    2. Anggaran Rumah Tangga Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia ditetapkan di Jakarta pada hari, tanggal, bulan dan tahun yang sama dengan Anggaran Dasar Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia;

Anggaran Rumah Tangga Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia mulai berlaku pada tanggal 17 September 2017.