Pandemi yang berkepanjangan hampir setahun belakangan mendatangkan berbagai persoalan sosial, termasuk pembatasan bersosialisasi antar komunitas. Hal ini yang turut dialami banyak komunitas otomotif di Tanah Air yang aktivitasnya menjadi nyaris tidak ada guna mematuhi aturan yang ditetapkan Pemerintah untuk memutus penyebaran pandemi Covid-19.

Seiring membaiknya kondisi pandemi serta berkurangnya penerapan pembatasan sosial di beberapa daerah, aktivitas masyarakatpun mulai menggeliat. Dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat, beberapa kegiatan interaksi sosial mulai dilakukan komponen masyarakat.

Salah satunya seperti yang dilakukan komunitas pemilik dan penggemar Mitsubishi Xpander yang tergabung dalam klub Xpander – Mitsubishi Owner Club (X-MOC) Pengda Riau yang melakukan perjalanan jarak jauh menuju Jakarta. Perjalanan menempuh jarak sekitar 1.300 km sekali jalan tersebut, guna menyambangi gelaran acara yang dibikin X-MOC Pengda Jakarta Raya bertajuk MOZAIC Celebration X-MOC Jakarta Raya 2.0.

Wewen Afterian, Ketua Pengda X-MOC Riau yang memimpin langsung perjalanan menuju Mozaic X-MOC Jakray

 

“Alasan kami datang ke 2nd Anniversary XMOC Jakray berikut Musda-nya ini lebih pada rasa kangen kami pada kegiatan rutin berupa touring yang sudah hampir setahun ini vakum lantaran pandemi. Kebetulan sekarang ini ada momentum ulang tahun Jakray, dan juga didukung kondisi pandemi yang mulai berangsur berkurang dan terkendali, akhirnya kami putuskan untuk berangkat,” ujar Wewen Afterian, Ketua Pengda X-MOC Riau yang memimpin langsung perjalanan.

Menurut Wewen, rombongannya berjumlah total 5 unit untuk touring ini. Namun 1 unit sudah berangkat lebih dulu karena ada keperluan lain. Semua unit yang jalan juga berisikan anggota keluarga yang lengkap, karena perjalanan ini memang cenderung terkait wisata keluarga.

“Kebetulan yang berangkat ini juga punya kebutuhan dan momen masing-masing di Jawa, kami jadinya sepakat samakan jadwal berangkat agar bisa sekalian beranjangsana ke acara X-MOC Jakray. Kami juga sepakati untuk pulang kembali secara bersama-sama lagi,” imbuh Wewen.

Touring menikmati perjalanan, istirahat dan makan bersama

 

Usai menyambangi acara Mozaic X-MOC Jakray, rombongan X-MOC Riau berpisah sementara waktu untuk memenuhi kebutuhan dan target keluarga masing-masing. Masing-masing ada yang tetap mengeksplorasi di Jakarta, lalu ada yang ke Bogor, dan ada pula yang melanjutkan perjalanannya hingga ke Yogyakarta.

Ditambahkan Wewen selama perjalanan menuju Jakarta nyaris tidak ada masalah dengan Xpander yang dikendarai. Berangkat dari Riau pada Kamis (17/12/2020) sekitar pukul 15.00 waktu setempat. “Selama perjalanan ada tantangannya, kemarin malam kita (Jumat malam-red.) kita rencana mau menginap di Palembang. Tetiba kami dikabari cing Ibnu sekitar jam 20-an malam kalau acara Musda dan Anniversary Jakray dimajukan lebih pagi, karena adanya peraturan pemda setempat mengenai pembatasan kegiatan terkait pandemi,” ucap Wewen.

Jadinya, untuk mengejar waktu 2nd Anniversary Jakray yang sebelumnya akan dimulai pukul 18 hari Sabtu malam (19/12), dimajukan menjadi pukul 15.00 wib. Kondisi ini mau tidak mau  membuat rombongan harus bergegas checkout dari hotel sekitar jam 24.00 Sabtu dinihari. Padahal, rombongan X-MOC Riau ini baru check-in di hotel sekitar pukul 17.00 waktu setempat.

Terpaksa, sambil menahan kantuk karena tidak ada yang tidur, rombongan langsung berjalan lagi  untuk mengejar waktu. “Persoalan terberat kami ya melawan kantuk itu. Akhirnya kami sepakat, demi keselamatan, kami selalu sempatkan beristirahat memejamkan mata sesaat sekitar 30 menit hingga 1 jam-an di SPBU setempat yang kita mampiri,” lanjut Wewen.

Saat rehat sejenak di wilayah Jambi

Cerita tantangan berikutnya, saat rombongan sudah berada di kapal penyeberangan. Tak diduga sebelumnya, ombak Selat Sunda sedang bergejolak tinggi. “Kapal yang kami tumpangi lagi-lagi tertahan di tengah laut tidak bisa menyandar karena faktor ombak besar. Sekitar 6 jam terombang-ambing di tengah laut menunggu ombak lebih tenang. Dari sekitar jam 8 Sabtu pagi kita masuk, baru sekitar jam 14.00 WIB kita baru bisa menyandar di Pelabuhan Merak. Sesudahnya kami geber langsung menuju venue,” senyum Wewen.

Beruntung jalan di tol dan arteri menuju venue lancar. Estimasi harusnya sekitar jam 13.00 WIB sudah sampai Hotel Harper, ternyata mengaret hingga sore. “Namun karena problem kapal ini, akhirnya kita tidak sempat beristirahat lagi, langsung ke venue acara. Estimasi idealnya, kita menyeberang pukul 8 di tgl 19 Desember ini, paling tidak jam 13 sudah sampai venue. Tapi alhamdulillah kami selamat tiba di sini,” ucap Wewen.

Harapan Wewen, dengan beranjangsananya X-MOC Riau ke Ibukota, bisa menjalin silaturahmi dan komunikasi yang lebih erat lagi. Wewen juga mempersilakan andaikan ada rekan X-MOC Jakray sedang melintas jalur Sumatera, agar jangan lupa mengontak dan bersua untuk bisa saling mengunjungi. “Indahnya ikut komunitas seperti X-MOC ini ya seperti sekarang. Tidak hanya touring jalan-jalan, tapi juga menyambung silaturahmi dalam persaudaraan,” pungkas Wewen.

source : https://drivenhype.com/obati-rindu-touring-x-moc-riau-sambangi-mozaic-celebration-x-moc-jakarta-raya-2-0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *