Sebelum Anniv ke-3 X-MOC saya mendapat kesempatan untuk mencoba Shock Absorber merk Monroe bertipe OESpectrum yang di-desain khusus untuk Mitsubishi Xpander (variant non-cross). Secara fisik dan dimensi, SA Monroe ini sama persis dengan OEM sehingga saat melakukan pemasangan di bengkel, para mekanik sama sekali tidak mengalami kesulitan.
Metode pengetesan adalah membandingkan bantingan mobil ketika menggunakan SA OEM (belakang masih baru juga dan tidak ada rembesan) dan ketika menggunakan SA Monroe di beberapa kondisi jalan yaitu:
– Polisi tidur landai
– Polisi tidur curam (yg biasa ada di jalan kampung)
– Jalan rusak parah (hanya bisa dilewati dengan kecepatan 5 KMH)
– Jalan rusak ringan
– Jalan Toll bergelombang (JORR II Serpong-Kunciran)
– Speed trap tebal (di jalan toll sebelum gate)
– Speed trap tipis (di jalan raya)
– Kondisi jalan mulus dimana mobil sesekali mengayun
Secara umum, karakter bantingannya sama dengan OEM, bedanya hanya ketika bertemu jalan dengan beda tinggi yang agak curam seperti polisi tidur jahanam di jalan perkampungan, terasa sedikit lebih keras, mirip dengan SA OEM dengan tekanan ban berlebih. Selebihnya tetap nyaman bahkan ketika kecepatan tinggi di toll, mobil berasa lebih stabil. Tinggal kita lihat nanti setelah sekian ribu KM penggunaan apakah akan ada kendala rembes seperti OEM-nya?
Untuk saat ini Shock Absorber Monroe untuk xpander belum tersedia di pasar Indonesia (barang didapat dari Thailand) dan rencananya Monroe Indonesia akan mulai memasarkan di akhir tahun 2020 ini dengan harga yang katanya akan sangat kompetitif. Bagi yang masih penasaran, silahkan simak terus Youtube X-MOC Indonesia -Official- channel, akan ada vlog review secara mendetail shock absorber ini dan akan ada kejutan giveway menarik khusus registered member X-MOC dari Monroe saat Live Streaming 3rd Anniversary X-MOC Indonesia tanggal 12 September 2020 mulai jam 10:00 WIB (youtube.com/xmocid)

Author : Nugroho Prasetyo

 

Perbandingan rasa suspensi menggunakan shock absorber Monroe OESpectrum vs OEM
Kiri: Shock Absorber Belakang Monroe, Kanan: Shock Absorber OEM. Keduanya barang baru.
Shock Absorber Monroe sudah terpasang di roda depan kiri tanpa kendala (plug and play)
Shock Absorber Belakang Monroe
Part Number Shock Depan
Part Number Shock Belakang

 

satu set terdiri dari shock absorber depan kiri, depan kanan dan dua shock absorber belakang. Harga perkiraan sekitar 2,5jt Rupiah.
3 thought on “Shock Absorber Merk Monroe bertipe OESpectrum yang di desain khusus untuk Mitsubishi Xpander (variant non-cross)”
  1. menurut informasi release nya di akhir tahun 2020 Om…
    jik ingin groub by bisa langsung menghubungi ketua chapter masing-masing, nnti akan dibantu oleh pengnas untuk order ke principal Monre nya…. terma kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *