DIY Pemasangan Peredam Panas Xpander

Pemasangan peredam tambahan untuk mengurangi suara bising plat saat hujan dan mengurangi panas yang masuk saat mobil dijemur di parkiran (AC dapat segera berasa dingin sesaat setelah dinyalakan, tanpa insulator AC akan bekerja keras menghilangkan panas di plafon terlebih dahulu)

Note: peredaman disini tidak bertujuan utk memuaskan sound enthusiast SPL apalagi SQ (jadi tidak perlu argument apakah peredam harus full atau tidak)

Damage cost ±400rb untuk bahan (dibeli online):
– 4 lbr peredam aspal automat (uk 750x500mm tebal 2 mm)
– 3 meter peredam busa beraluminium foil (lebar 120cm, ketebalan 5 mm)

Pertama paling mudah adalah mencabut knob switch blower tengah

Handgrip di sisi driver tidak ada, sebagai gantinya ada cover plastik yang tinggal dicabut dg arah tegak lurus

Lepaskan 2 sekrup di setiap handgrip dg obeng philips

Lepaskan baut sunvisor, lepaskan juga penahan sunvisor di sisi satunya dengan menarik secara tegak lurus.

Penahan sunvisor dapat dilepas dengan menarik secara tegak lurus. Manfaatkan alat seperti obeng untuk membantu pegangan lalu tarik dengan kedua tangan (satu tangan di foto karena satunya pegang hp)

Rumah lampu kabin depan juga berfungsi menahan plafon, lepaskan kedua sekrup. Pastikan switch lampu di posisi off.

Klip plafon dapat dilepas dengan special tools, berhubung tidak ada special tools di rumah, maka dibuat tools dengan memanfaatkan tutup galon air mineral yang dapat diselipkan sekaligus menjepit pengait klip.

Sebelum plafon lepas, manfaatkan headrest utk menahan agar plafon tidak jatuh sebelum kabel² dilepas

posisi switch AC blower tengah

Mengeluarkan plafon wajib dilakukan oleh minimal 2 orang. Hati-hati material plafon mudah patah/sobek.

Kondisi original atap xpander setelah roof lining (plafon) dilepas

Berhubung tidak ada heatgun, maka peredam aspal dijemur terlebih dahulu agar lentur krn panas (bahan aspal berwarna hitam sangat cepat menyerap panas)

Layer pertama peredam aspal diposisikan mengikuti bentuk cekungan pada plat (membujur)

Di plat atap bagian depan hanya dipasang satu lapis peredam aspal. Tidak perlu full karena peredam busa di layer kedua perlu melekat langsung ke plat.

layer 1: peredam aspal membujur
layer 2: peredam aspal melintang
layer 3: peredam busa beraluminium foil

peredam busa beraluminium foil di layer terakhir sebagai insulator panas. Beberapa bagian dibuat overlap untuk memastikan panas tidak bocor

Author : Nugroho Prasetyo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *